Kegiatan Vicon FGD Pengelolaan SP4N-LAPOR wilayah Prov Jambi dan Kepri oleh KemenpanRB

kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis 17 september 2020 ini diadakan oleh KemenpanRB yang bertujuan mejadi sharing session pengelolaan sp4n lapor di masing-masing instansi. Dalam kesempatan ini Pemkab Muaro Jambi yang langsung dibawakan Bapak Pj Sekda Muaro Jambi Jangning. S. IP didapuk menjadi pembicara dalam sharing Best Practic pengelolaan sp4n lapor karena dinilai mempunyai performa pengelolaan yang baik.

 

Langkah Strategis Pengelolaan SP4N-LAPOR Pemkab Muaro Jambi:

            Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Road Map Pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional
  4. Pembentukan TIM Pengelolaan dengan SK Bupati Muaro Jambi Nomor 169/Kep.Bup/Org/2019 (yang dirubah setiap tahun sesuai dengan keanggotaan yang ada )
  5. Setelah itu ditindaklanjuti dengan Penyerahan User ID dan Password serta pengenalan Awal Aplikasi SP4N-LAPOR kepada OPD dengan peserta Koordinator, Admin dan Pejabat Penghubung yang telah dibentuk sesuai dengan SK Bupati Muaro Jambi (dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2019)
  6. Kemudian Standar Operasional Prosedur SP4N-LAPOR diterbitkan dengan SK Bupati  Nomor 269/Kep.Bup/Org/2019 (SOP Pelayanan Publik).
  7. Pelaksanaan Launching dan Pendampingan Operasional Aplikasi SP4N-LAPOR serta Sosialisasi SP4N-LAPOR pada tanggal 22 Oktober 2019 dengan Narasumber dari KemenpanRB yaitu Ibu Novita Putri Evayanti Tenaga Ahli SP4N-LAPOR dan Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Jambi Dr. Ja’far Ahmad M.A diikuti oleh:
      • Seluruh Kepala OPD dan Pengelola SP4N-LAPOR
      • Camat
      • Kepala Desa/Lurah

      Best Practices

  1. Penyebaran atau Sosialisasi ke Masyarakat Luas dengan cara:
    1. Baliho
    2. X-Banner
    3. Spanduk

Alat Sosialisasi tersebut di letakkan di tempat-tempat strategis seperti pinggir jalan raya, ibu kota kecamatan, tengah kota, pasar, puskesmas, kantor desa/kelurahan dan tiap Kantor OPD yang ada di Kabupaten Muaro Jambi.

  1. Untuk mempermudah komunikasi dengan sesama Admin-Koordinator-Pejabat Penghubung maka dibentuk Whatsapp Group dengan cara kerja
    1. Ketika Laporan dari masyarakat masuk, maka admin koordinator memposting dan memention laporan langsung ke Pejabat Penghubung yang di disposisikan.
    2. Sesuai Standar Operasional Prosedur SP4N-LAPOR yang tertuang dalam SK Bupati  Nomor 269/Kep.Bup/Org/2019 (SOP Pelayanan Publik), dalam 3 Hari harus ditindaklanjuti,  jika tidak maka admin akan langsung mengingatkan dengan langsung menelpon/mengunjungi Pejabat Penghubung tersebut. Untuk segera di respons dan ditindaklanjuti (respons cepat).
  2. Langkah evaluasi dilakukan secara terus menerus dalam periode tertentu, dihimbau Pejabat Penghubung agar login secara berkala di Aplikasi SP4N-LAPOR tersebut.
  3. Menyediakan waktu bagi OPD untuk belajar secara langsung pengoperasionalan aplikasi dan akan di share yang sudah mengikuti pelatihan agar Pejabat Penghubung yang lain dapat termotivasi.

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.