PENYESUAIAN SISTEM KERJA APARATUR SIPIL NEGARA  DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19
FILE DIGITAL DAPAT DIUNDUH disini

SURAT EDARAN

NOMOR: 238 /ORG/III/2020

TENTANG

PENYESUAIAN SISTEM KERJA APARATUR SIPIL NEGARA

DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19

DI LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN MUARO JAMBI

 

          Dalam rangka pencegahan penyebaran corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah Kabupaten Muaro Jambi Serta memperhatikan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkup Instansi Pemerintah, Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 440/2436/SJ tanggal 17 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desiase 2019 (COVID-19) di Lingkup Pemerintah Daerah, Surat Edaran Gubernur Jambi Nomor : 921/SE/GUB.ORG-3.1/III/2020 tanggal 20 Maret 2020 dan untuk memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah dalam mencapai sasaran kinerja dan pelaksanaan pelayanan publik dapat berjalan efektif dengan ini diminta kepada Saudara untuk melaksanakan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Presensi/daftar hadir pagi dan sore tetap menggunakan absensi elektronik seperti biasanya.
  2. Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten Sekretaris Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Kepala Unit Kerja, dan Pegawai di Bidang Kesehatan serta Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tetap masuk kerja sebagaimana biasanya agar penyelenggaran pemerintahan tidak terhambat dengan tetap memenuhi protokol kesehatan dalam mencegah COVID-19, kecuali bagi yang sakit atau izin agar menyampaikan bukti sakit atau izin tersebut secara elektronik.
  3. Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Kepala Unit Kerja mengatur pembagian jadwal/shift kerja Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai Fungsional/pelaksana, dan Non PNS baik secara harian ataupun secara jam kerja.
  4. Pengaturan pembagian jadwal/shift kerja diatur oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah/Kepala Unit Kerja dan dilaporkan kepada Sekretaris Daerah melalui Badan Kepegawaian Daerah paling lambat 24 Maret 2020.
  5. PNS/Non PNS yang melaksankan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal (work from home) harus dipastikan tetap berada di rumah/tempat tinggal selama melaksanakan tugasnya kecuali hal yang mendesak dan mendapat perintah dari atasan langsung.
  6. Tugas Kedinasan yang dilaksanakan dirumah/tempat tinggal (work from home) segera disampaikan kepada atasan langsung melalui sarana media elektronik.
  7. Seluruh penyelenggaraan tatap muka yang menghadirkan banyak orang/massa untuk dapat ditunda pelaksanaanya kecuali kegiatan yang sangat mendesak/urgent untuk dilaksanakan dikantor dengan tetap memperhatikan Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Area Publik.
  8. Bagi Unit Pelayanan Kesehatan Publik (Rumah Sakit Umum Daerah, Puskesmas dan Puskesmas Pembantu) tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasa dengan tetap memperhatikan Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Area Publik.
  9. Bagi seluruh PNS/Non PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan Dinas keluar Daerah kecuali hal-hal yang bersifat mendesak/urgent termasuk yang mengambil cuti tidak keluar Provinsi Jambi.
  10. Upacara Senin dan kegiatan upacara lainnya serta senam kesegaran jasmani sementara waktu ditiadakan.
  11. Agar setiap Unit Kerja menyediakan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir di toilet dan menyediakan hand sanitizer di setiap pintu masuk ruang kerja, dan tempat lain yang mudah di akses.
  12. Kepada seluruh PNS/Non PNS dihimbau untuk melakukan:
    1. Selalu Cuci Tangan dengan sabun/hand sanitizer sebelum dan setelah beraktivitas.
    2. Gunakan masker jika kondisi tubuh kurang sehat.
    3. Jaga Daya Tahan Tubuh (Konsumsi gizi seimbang, olahraga dan istirahat Cukup).
    4. Bila Batuk, Pilek, atau Sesak Nafas, segera periksakan diri ke Fasilitas Kesehatan.
  13. Bagi seluruh PNS/Non PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi diminta ikut secara bersama-sama untuk melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 sesuai dengan himbauan Pemerintah.
  14. Seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Kepala Unit Kerja bertanggung jawab dalam pelaksanaan dan pengawasan ketentuan Surat Edaran ini pada masing-masing Unit Kerja.
  15. Kepada Camat agar menginformasikan kepada Kepala Desa dan Masyarakat dilingkungannya masing-masing untuk secara bersama-sama dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 sesuai dengan himbauan Pemerintah.
  16. Kepada Seluruh Pegawai Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi agar tidak menyebarluaskan berita yang tidak jelas sumber kebenarannya terkait COVID-19.
  17. Surat Edaran ini berlaku Efektif pada tanggal 23 Maret 2020 sampai dengan 04 April 2020.

 

Demikian untuk dilaksanakan.

 

BUPATI MUARO JAMBI,

dto

Hj. MASNAH, SE

 

 

Tembusan yth:

  1. Gubernur Jambi di Jambi
  2. Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi di Sengeti
  3. Arsip

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.